Belajar Sains dari Mac Gyver

macgyver
Senin, 4 Agustus, 2008 oleh Fajar Ramadhitya Putera

Mungkin anda pernah menonton sebuah serial TV yang terkenal di tahun 90-an, Mac Gyver. Pada masanya, serial TV ini membawa pengaruh besar dan rasa ketertarikan pada bidang sains di berbagai negara, termasuk Indonesia ketika diputar di sini. Sebagai contoh, pisau lipat yang menjadi ciri khasnya bahkan kemudian lebih dikenal dengan nama pisau Mac Gyver.


Aspek Sains

Kurangnya minat masyarakat di negara berkembang terhadap sains boleh jadi sangat dipengaruhi oleh adanya kesan bahwa sains itu rumit dan membingungkan. Akibatnya masyarakat cenderung menjauh dari hal-hal berbau sains karena telah lebih dulu memiliki kesan negatif.

macgyver_pisau

Pada masanya, serial Mac Gyver telah berhasil menunjukkan dan mengemas sains menjadi menarik dan keren, termasuk oleh anak-anak. Sayang, rasanya saat ini belum ada acara lain dengan konten serupa dan cukup diterima publik seperti serial Mac Gyver pada masa jayanya. Aspek menarik dari serial TV ini adalah bagaimana menerapkan sains pada hal-hal sederhana dan ada di sekitar kita. Tokoh Mac Gyver hampir selalu dapat memanfaatkan benda-benda di sekelilingnya untuk memecahkan masalah. Belajar sains itu menyenangkan dan bermanfaat. Mungkin itu pelajaran yang bisa diambil dari serial Mac Gyver. Paling tidak itu yang saya pelajari waktu kecil dulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: